Header AD

DATSUN CROSS

Interior & Fitur

Interior Datsun Cross terlihat lebih berwibawa ketimbang Datsun LCGC. Meski kualitas materialnya tidak jauh berbeda, namun seara desain ini lompatan yang lumayan signifikan untuk Datsun.  
Di dashboard, layar monitor multimedia jadi hal yang dominan. Karena ukurannya besar, tuas transmisi tergeser ke bawah dan tidak menyatu dengan dashboard. Datsun memberian sedikit detail yang mengeluarkan aura sporty di bagian sekeliling tuas transmisi ini, berupa aksen carbon. 
Jok depan juga 'kembali ke jalan yang benar' karena terpisah. Di tengahnya ada tuas rem tangan. Sementara jok belakang masih sama seperti milik Go+ Panca, demikian juga dengan baris ketiga. Karena judulnya adalah mobil compact, maka jangan berharap banyak untuk kelegaan kabin. Terutama baris ketiga ini. 

Eksterior


Walaupun banyak kemiripan dengan GO dan GO+, desainer Datsun harus memastikan pembeli mobil ini tidaklah merasakan seperti membeli GO yang mengalami upgrade menjadi versi SUV saja. Apalagi kalau bukan masuk dalam segmen LCGC. Harus ada perbedaan yang cukup signifikan dengan kualitas material dan rakitan yang lebih baik lagi.
Wajahnya terlihat mengintimadasi dan terpancar aura ketangguhan sebuah SUV.  Semua itu didapat hanya dengan merubah bumper, memposisikan lamupu kabut lebih ke atas, dan penambahan molding di sisi body. 
Tetap menyandang karakter desain Datsun yang sudah mudah dikenali dari grille trapezoidalnya yang besar. Berbagai aksesoris penunjang tampilan SUV tampak serasi dengan desain GO Panca. 
Pelek alloy yang lebih besar dan lebar membuat kesan crossover lebih muncul, meski desainnya bukan selera kami. 

Mesin & Konsumsi BBM

Selain di Indonesia, Datsun Cross 2018 juga akan dijual di India. Menurut rumor yang beredar, akan ada dua pilihan mesin untuk GO Cross versi India. Yaitu mesin bensin HR12DE 3-silinder 1,2-liter dan mesin diesel 4-silinder 1,5-liter dCi.
Khusus Indonesia, mesinnya tetap 1,2 liter dengan tiga silinder. Namun seperti dikatakan tadi, Datsun Cross hadir dengan dua pilihan transmisi, Manual 5-speed dan CVT. Uniknya, Datsun memberikan dua output berbeda untuk setiap transmisi. Yang manual memiliki 67 ps, sedangkan versi CVT lebih besar 10 ps. 
Bisa dimengerti kenapa harus berbeda begitu. CVT yang sangat halus dalam bekerja, membuat mobil cenderung lambat dalam berakselerasi. Karena itu, untuk mengakalinya, ECU sedikit mendapatkan pengaturan ulang agar mesin bisa mengeluarkan tenaga lebih besar. 

Pengereman

Datsun Cross dibekali dengan rem cakram di depan, dan tromol di belakang. Namun Datsun berbaik hati dengan memberikan fitur ABS agar roda tidak mengunci saat pengereman mendadak, dan tetap bisa dikendalikan. 
Selain itu, untuk menjaga kestabilan, mobil ini dilengkapi juga dengan VDC (Vehicle Dynamic Control), semacam kontrol stabilitas untuk membantu pengendara mengendalikan mobil. 
DATSUN CROSS DATSUN CROSS Reviewed by Farrel Nissan Datsun on Januari 31, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD