Header AD

NISSAN JUKE


Eksterior


Sejak kelahirannya pada 2010, tak banyak perkembangan dari desain eksterior Juke. Memang desainnya sendiri pada dasarnya sudah atraktif, baik secara positif maupun negatif. Namun, ubahan yang diberikan oleh Nissan hanya sebatas ganti lampu LED, ekstra bumper, dan ubahan ringan lainnya.Nissan Juke generasi kedua memang santer akan meluncur tahun ini, namun di Indonesia entah kapan.
Lekukan, garis, dan pahatan bodi Juke sangat agresif namun perawakannya terbilang gemuk. Wajahnya unik dengan lampu depan utama bulat bersanding dengan grille. Sementara di atasnya hadir lampu DRL sekaligus sein dengan desain tajam. Posisi nya unik sejajar dengan kap mesin. Nissan menyebutnya dengan alligator hood lights karena menyerupai mata alligator saat mengintai dari dalam air.
Dari samping terlihat fender Juke besar dan gemuk. Di dalamnya bernaung roda 17 inci. Bekal itu mencirikan bahwa Juke adalah sebuah SUV crossover. Bahkan gorund clearance nya mencapai jarak 180 mm. Siluet sampingnya direkayasa agar Juke tampil bak coupe dua pintu, dengan handle pintu belakang diposisikan di atas dan tersamarkan serta atap yag menurun ke belakang.
Berikut ukuran dimensi dari Nissan Juke:
Panjang 4.135 mm, lebar 1.765 mm, tinggi 1.565 mm, dan jarak sumbu rodanya 2.530 mm

Pengendalian & Pengendaraan

Palang kemudi Juke disokong power steering yang menjadikannya ringan saat diputar. Meski bobot putarnya menyesuaikan dengan kecepatan laju, secara keseluruhan masih terasa terlalu ringan. Responsifitas dan feedback nya juga sudah di atas rata-rata.
Bantingan suspensinya tidak keras, seperti mobil-mobil lansiran Nissan pada umumnya. Ground clearance tinggi dan roda besar memang menjadikan Juke seperti sebuah SUV kompak. Dan gejala limbung nya saat berbelok berhasil diredam dengan baik oleh Suspensi MacPherson strut di depan dan torsion beam di belakang. Saat melaju dengan kecepatan medium melewati jalan tak ramah, penumpang baris depan masih bisa menerima redaman tanpa komplain. Sementara bagi penumpang belakang memang lebih terasa empasannya.

Mesin & Konsumsi BBM

Mesin dengan kode HR15DE tertanam di balik kap Juke. Mesin 4-silinder 1.5 liter DOHC itu menghasilkan tenaga 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 150 Nm pada 4.000 rpm. Distributor tenaganya adalah CVT Xtronic yang halus tanpa jeda. Namun kinerjanya terasa kurang responsif. Performa keseluruhannya terbilang baik dan sangat familiar. Tidak ada rasa sport di sini, kecuali menggunakan mode berkendara Sport yang meningkatkan putaran mesin dan responsifitas semata.
Sementara mode berkendara Eco menjamin efisiensi bahan bakar. Konsekuensinya, kenikmatan berkendara dikorbankan karena respon akselerasi mobil menjadi lebih lambat.
NISSAN JUKE NISSAN JUKE Reviewed by Farrel Nissan Datsun on Januari 31, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD